Mahasiswa Prodi PAI Terpilih Sebagai Duta Baca OKU Timur 2022

UnuhaNews. Muhammad Rahmat Wibowo, mahasiswa Prodi PAI telah dikukuhkan sebagai Duta Baca Daerah Kabupaten OKU Timur. Pengukuhan dilakukan langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., didampingi Duta Literasi OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. Selain mengukuhkan Duta Baca Daerah, Bupati juga mengukuhkan Duta Baca Pelajar, Gerakan Relawan Cinta Arsip, Melantik Bunda Literasi Kecamatan Se Kabupaten OKU Timur serta melaunching Kampung Literasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Rakyat Martapura, Rabu (8/6).

Muhammad Rahmat Wibowo, Duta Baca Daerah OKU Timur

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Fitriana, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan yang diwakilkan Hj. Lidya Purnamasari, S.E., M.Si., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan OKU Timur Dr. Sopian Hadi, S.Pd., M.M., para Asisten, Staff Khusus, Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur, para Camat Se-Kabupaten OKU Timur, Pimpinan Perguruan Tinggi se-OKU Timur dan Forum Penulis Griya Mata Pena.

Duta Literasi Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada yang dilantik dan mengingatkan bahwa ini merupakan suatu amanah.

“Sejatinya ini adalah amanah yang diberikan, oleh karena itu mari kita tunaikan amanah ini sebaik-baiknya dalam bidang literasi memberikan versi terbaik kita dengan mengerahkan semua ilmu pengetahuan yang dimiliki, semua pemikiran ide-ide cemerlang untuk kemajuan literasi di Bumi Sebiduk Sehaluan,” Ujar Sheila.

Bupati bersama Rektor Unuha dan Pimpinan Perguruan Tinggi se-OKU Timur

Sheila juga menyampaikan upaya untuk menumbuhkan minat baca masih banyak kendala yang dihadapi diantaranya adalah masalah ketersediaan bahan bacaan dan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat.

“Untuk itu Pemkab OKU Timur akan melakukan berbagai macam upaya dan semoga tahun depan kita akan mempunyai perpustakaan daerah, mohon do’a semuanya,” Lanjut Sheila.

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatra Selatan Fitriana, S.Sos., M.Si. dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemkab OKU Timur ini.

“Acara yang dilaksanakan ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis, upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemkab OKU Timur sejalan dengan upaya yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel yang merupakan program Gubernur HD dengan harapan kualitas sumber daya manusia yang kompeten yang akan tercipta dan hasil tingkat kegemaran dalam membacas dan sebagai penguat interaksi akan menigkat,” Jelas Fitriana.

Penandatanganan MoU antara Unuha dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Timur

Fitriana juga mengaku terharu atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Bunda Literasi Kabupaten OKU Timur, ia berharap agar ini dilakukan oleh seluruh kabupaten/kota di Sumatra Selatan sehingga minat membaca masyarakat dan indeks pembangunan literasi masyarakat akan terus meningkat.

Sementara itu Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dalam sambutan dan arahannya berharap agar Perpustakaan dan Arsip harus lebih maju dariapada sebelumnya. Bupati Enos juga meminta agar pada tahun ini perpustakaan daerah harus ada di OKU Timur, Bupati Enos mempersilahkan untuk dibangun di lahan milik Pemda di Martapura.

Namun Bupati Enos juga mengingatkan agar jika Perpustakaan telah di bangun dan tidak mendekati sekolah, maka otomatis harus disiapkan sarana dan prasarana seperti perpustakaan keliling.

Muhamad Rahmat Wibowo saat membacakan Tupoksi Duta Baca Daerah

Dilanjutkan Bupati Enos, kearsipan sangat penting bagi pemimpin dan arsip ada dinamis ada juga statis. Enos mengatakan pemegang ruh pemimpin adalah relawan kearsipan.

“Relawan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, untuk para pejabat, mereka harus dibina dan diberi support baik materil maupun spiritnya.” Ungkap Enos

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan Perguruan Tinggi di Kabupaten OKU Timur dan Lomba Story Telling Tingkat Sekolah Dasar yang diikuti oleh 20 peserta dari seluruh kecamatan di OKU Timur.

Sumber : https://www.okutimurkab.go.id/bupati-oku-timur-launching-kampung-literasi-minat-baca.html

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.