Akreditasi Prodi PGMI Universitas Nurul Huda, Tim Asesor LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan

SUKARAJA – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) kembali melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) di Universitas Nurul Huda (UNUHA) Sukaraja Kabupaten OKU Timur.

Kali ini giliran Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang digawangi Ratih Purnama Pertiwi, M.Pd. Dimana Prodi PGMI ini masuk dalam Fakultas Agama Islam (FAI) UNUHA.

Kegiatan guna peningkatan Akreditasi ini berlangsung dua hari, 26 hingga 27 April 2024 dengan dua Asesor yakni Dr. Y Suyitno, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga.

Pada hari pertama, Asesor melaksanakan validasi dan verifikasi terhadap data yang dikirim tim internal Akreditasi Prodi PGMI melalui aplikasi yang disediakan.

“Sebelumnya kami telah melakukan validasi dan verifikasi data, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan lapangan. Khususnya yang berkaitan dengan sarana prasarana dalam menunjang kegiatan akademik mahasiswa,” ungkap Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd disela-sela penutupan kegiatan Assesmen Lapangan oleh LAMDIK di Aula UNUHA Sabtu (27/4/2024).

Tak dapat dipungkiri, untuk mencapai Akreditasi A atau unggul, maka harus ditunjang dengan kehadiran sarana prasarana yang lengkap dan memadai yang saat ini tengah berproses.

“Rekomendasi terkait assesmen lapangan telah disampaikan untuk ditindaklanjuti,” kata Aninditya semberi menambahkan selain dari segi Sarpras, tentunya mulai menjajaki kerjasa sama luar negeri antar perguruan tinggi.

Ini lanjut Aninditya, bisa diawali dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand dan negara tetangga lainnya.

“Selain menjalin kerjasama internasional, tentunya tetap memperhatikan kerja sama eksternal lainnya seperti dengan pihak swasta mapun lembaga lainnya, dan diharapkan dapat melibatkan alumni,” imbuhnya.

Aninditya menambahkan, alhamdulillah dari segi pembelajaran Prodi PGMI telah memiliki Siakad sehingga by sistem untuk melihat jadwal, bimbingan dan kebutuhan akademik mahasiswa lainnya.

Senada disampaikan Dr. Y Suyitno, M.Pd. Menurutnya, kelengkapan sarana prasarana dalam menunjnag kegiatan akademik pada perguruan tinggi tidak bisa dihindari, sehingga harus menjadi perhatian.

“Tak kalah pentingnya juga adalah SDM yang berkualitas. Artinya, jenjang pendidikan dosen harus diperhatikan terutama pendidikan doktor. Ini juga bagian tak terpisahkan guna menunjang peningkatan akreditasi,” ungkap Suyitno.

Sementara Wakil Ketua YPPNH Dedi Mardiansyah, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada asesor yang telah berkerja dan melaksanakan tugasnya dalam rangka Asesmen Lapangan. “Rekomendasi yang disampaikan tentunya selain menjadi motivasi, akan menjadi atensi untuk ditindaklanjuti,” terangnya.

Acara penutupan dihadiri lansgung pihak Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda (YPPNH) Ketua Badan Pengawas YPPNH Drs. H. Muarif, M.Pd, Ketua Badan Pelatihan, Riset dan Penjamin Mutu Pendidikan YPPNH Drs. Nurkholis, M.Pd, Wakil Ketua YPPNH Dedi Mardiansyah, M.Pd, Wakil Rektor I UNUHA Suhartono, M.Pd, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Dr. Arini Rosa Sinensis, M.Pd.

Selanjutnya Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pendidikan UNUHA Hastuti Retno K, M.Pd, Ketua Senat UNUHA Mukhamad Fathoni, M.Pd.I, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Marlina, M.Pd.I, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Lailatul Fitriyah, S.S, M.Pd, sejumlah Ketua Prodi diantaranya Ketua Prodi PGMI Ratih Purnama Pertiwi, M.Pd, Ketua Prodi FAI Sholeh Hasan, M.Pd.I, sekretaris dan dosen di lingkungan UNUHA.

Nurul Huda Media Center
Nurul Huda Media Center
Articles: 14

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Eksplorasi konten lain dari Universitas Nurul Huda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca