Observasi Siswa ABK, Mahasiswa UNUHA Prodi PGMI Kunjungi Sekolah SLB Martapura

MARTAPURA, NHMC – Suasana berbeda terlihat di SLB (Sekolah Luar Biasa) Kotabaru, Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur, sekitar pukul 08.00 WIB Selasa (09/01/2024).

Pasalnya, kehadiran puluhan mahasiswa Universitas Nurul Huda (UNUHA) Sukaraja, Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI) menyedot perhatian siswa dan guru SLB Martapura.

Dimana kedatangan mahasiswa UNUHA Prodi PGMI berjumlah 76 orang tersebut, guna melakukan observasi dalam bidang motode pembelajaran pada siswa yang memiliki ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Kedatangan mahasiswa yang didampingi langsung Kepala Biro UNUHA Dr. Supangat, M.Pd.I, Ketua Prodi PGMI Ratih Purnama Pertiwi, M.Pd dan dosen PGMI disambut Kepala SLB Martapura Diana, S.Pd, M.Si dan sejumlah guru.

“Tujuan kedatangan mahasiswa Prodi PGMI UNUHA tidak lain adalah untuk melakukan observasi. Sehingga ketika nanti menjadi guru kelas jika dijumpai ABK mahasiswa akan paham model pembelajaran yang digunakan,” ungkap Ratih disela-sela kunjungan.

Iya pun mengaku sangat berterima kasih atas penerimaan sekaligus izin yang diberikan oleh SLB Martapura. “Ini merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran yang sangat penting bagi mahasiswa, mengingat pentingnya pemahaman dalam mengatasi dan memberikan pendidikan bagi ABK dengan menggunakan metode yang tepat,” terangnya.

Ratih menyebut, dalam kunjungan tersebut melibatkan 76 mahasiswa semester 3. “Tentunya kegiatan ini akan berkelanjutan, untuk itu Prodi PGMI UNUHA Sukaraja akan memantapkannya dalam bentuk kerja sama, yang melibatkan kelembagaan,” imbuh Ratih.

Sementara Kepala SLB Martapura Diana, S.Pd, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Prodi PGMI UNUHA atas kunjungan yang dilaksanakan di SLB. Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, SLB Martapura mempersilahkan kepada mahasiswa untuk melakukan observasi.

“SLB Martapura memiliki 96 siswa yang tersebar di Kelas A, B dan C. Kami sangat senang dengan kunjungan ini, dan kami memberikan peluang jika mahasiswa UNUHA melaksanakan mengadakan magang kependidikan, melalui izin Dinas Pendidikan Provinsi SUMSEL” pungkas Diana. (NHMC)

Nurul Huda Media Center
Nurul Huda Media Center
Articles: 9

4 Comments

  1. Dari sini saya belajar bagaimana proses pembelajaran yg di laksanakan oleh siswa siswi sekolah SLB (Sekolah Luar Biasa).Dan bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka dan belajar tanda baca isyarat menggunakan tangan.

  2. kegiatan kunjungan kemarin di SBL banyak inspirasi, pelajaran ” yg dapat saya ambil, membuat diri saya pribadi harus lebih bayak lagi bersyukur dan selalu ingat masih banyak orang yang kurang dari pada kita.

  3. Dimana mendapatkan banyak pelajaran
    Dari adik” slb yang terus bersemangat dan jgk adik” sungguh hebat

  4. Kunjungan ke SLB Negeri Martapura membuat saya mendapat pengalaman yang berharga, dimana saya bisa mengerti apa itu anak yang berkebutuhan khusus,cara mendidiknya,cara mengatasinya. Banyak sekali pengetahuan yang saya dapatkan,,yang selama ini hanyalah teori yang saya tahu sekarang menjadi tahu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *