LAMDIK Lakukan Asesmen Lapangan Prodi PBSI UNUHA

SUKARAJA – Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Nurul Huda (UNUHA) kembali melaksanakan Asesmen Lapangan (AL) oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Sebelumnya, Prodi PBSI menyandang Akreditasi B. “Akreditasi ini menjadi agenda 5 tahunan, ada 10 Prodi dengan 3 Fakultas di bawah UNUHA,” ungkap Rektor UNUHA Dr. H. Imam Rodin, M.Pd saat membuka Asesmen Lapangan Prodi PBSI dihadiri langsung Tim AL dari LAMDIK Dr. Drs. Khaerudin Kurniawan, M.Pd dan Dr. Odin Rosadin, S.Pd, M.Hum di Aula UNUHA Jum’at (1/12/2023).

Imam berharap ada peningkatan nilai dari Asesmen Lapangan yang akan dilaksanakan oleh PBSI. “Prodi PBSI UNUHA ini ada beberapa keunggulan, tentunya melalui AL ini memberi dampak positif untuk peningkatan Akreditasi dari status sebelumnya,” terangnya.

Untuk diketahui, akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan badan yang berwenang, setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kreteria tertentu.

Wakil Ketua Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Dedi Mardiansyah, M.Pd mengatakan, saat ini UNUHA terus meningkatkan kualitasnya dalam bidang pendidikan.

“Ciri khas UNUHA adalah perguruan tinggi berciri khas pesantren, dengan menjadikan kearifan lokal sebagai sektor unggulan,” ujar Dedi.

UNUHA kata Dedi telah nyata berkiprah dalam bidang pendidikan, tentunya diharapkan dapat lebih berkontribusi baik tingkat kabupaten, provinsi dan Nasional.

“Sebagai wujud nyata, UNUHA juga melakukan advokasi pendidikan di pesisir Komering. Serta berbagai program lain yang memberi dampak positif, khususnya penelitian hingga kewirausahaan,” tambahnya.

Sementara Tim Asesor dari LAMDIK Khaerudin Kurniawan mengungkapkan, ada beberapa ketentuan dalam pelaksanaan Asesmen Lapangan bagi Prodi Perguruan Tinggi.

“Ketentuan tersebut nantinya akan dilihat, sejauh mana dari segi perencanaan, pelaksanaan maupun dokumentasi,” kata Khaerudin.

Masih kata Khaerudin, selain program pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Prodi juga harus mendorong dosen melakukan penelitian dan publikasi jurnal. Tidak hanya itu, Prodi juga harus terus aktif mempublikasi berbagai kegiatan di media massa.

“Dengan begitu akan memberi kemudahan bagi masyarakat mendapatkan informasi seputar Prodi yang ada di UNUHA,” pungasnya.

Selain dihadiri Wakil Yayan Pondok Pesantren Nurul Huda Dedi Mardiansyah, M.Pd, hadir juga Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Lailatul Fitriyah, S.S, M.Pd, Ketua Prodi dilingkungan UNUHA, Ketua Prodi PBSI Suryani, M.Pd, Tim Akreditasi PBSI dan dosen di lingkungan PBSI. (NHMC)

Nurul Huda Media Center
Nurul Huda Media Center
Articles: 9

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *