Buka Peluang Go Internasional, UNUHA Adakan KKN-PPL Luar Negeri

UnuhaNews. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat jejaring internasional, Universitas Nurul Huda (UNUHA) melakukan beberapa terobosan-terobosan yang inovatif dan strategis. Salah satu program yang digagas adalah mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) lnternasioanl (KKN-PPL Int) yang dilaksanakan di Negara Thailand. Pelepasan mahasiswa KKN-PPL Internasional oleh Rektor UNUHA, H. Imam Rodin, M.Pd pada Rabu (9/11).

Pelepasan mahasiswa KKN-PPL Internasional oleh Rektor UNUHA

Dalam sambutanya, rektor membeberkan alasan pentingnya mengadakan KKN-PPL Internasioanl adalah (1) diharapkan program ini mampu memawadahi penerapan pengetahuan teoritik terhadap kemampuan praktik di dunia yang sangat berbeda dan asing bagi mahasiswa sehingga dapat melatih kemampuan adaptasi mahasiswa; (2) belajar dari para pengajar yang sudah kompeten menerapkan ilmu pembelajarannya; (3) mempelajari kebudayaan bangsa lain dan juga memperkenalkan budaya Indonesia; (4) meningkatkan kemampuan berbahasa asing mahasiswa; (5) meningkatkan kemitraan dengan perguruan tinggi luar negeri; dan (6) mempromosikan UNUHA di kancah internasional.

Sedangkan Dr. Ahmad Shodikin, DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) KKN-PPL Internasional mengatakan bahwa kegiatan KKN-PPL Internasioanl dilaksanakan pada periode Nopember sampai Februari 2023. merupakan KKN sekaligus PPL bertaraf internasional karena tempatnya berada di Thailand. Program ini dikembangkan untuk cakupan yang lebih luas dan mendukung program universitas dalam memperkuat image UNUHA di kancah internasioanal. Program KKN-PPL Internasional dirancang dengan memadukan antara pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk memaksimalkan program tersebut, maka dalam bidang pengajaran lebih difokuskan pada bidang ilmu agama seperti Al-Qur’an, serta pengembangan dalam berbahasa Inggis dan Arab.

Tiga mahasiswa yang lolos tes dan berhak mengikuti KKN-PPL Internasional adalah (1) Umi Hanifah, mahasiswi Program Studi Agama Islam, (2) Fauzi Abdullah Faiz, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan (3) Mita Puji Suryani, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

“Harapanya melalui KKN-PPL Internasional ini mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan yang lebih dalam bidang pengajaran agama, mengembangkan keterampilan berbahasa Arab dan Inggris, mampu berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat luar khususnya negara Thailand dan mempunyai wawasan tentang Pendidikan yang inovatif” ungkap doktor muda alumni UIN Malang tersebut. (Rm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *