Wawancara Ekslusif dengan Mahasiswa UNUHA Peserta Program Wirausaha Merdeka di Politeknik Negeri Jember

UnuhaNews. Sebanyak 4 (empat) mahasiswa UNUHA selama 5 bulan telah mengikuti Program Wirausaha Merdeka Kampus (WMK) di Politeknik Negeri Jember. Program Wirausaha Merdeka sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia wirausaha. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi lainya.

Ya, mahasiswa yang berhasil mengikuti program tersebut adalah (1) Endang Komsatun, (2) Fauziatun Nisa, (3) Dwi Astuti, dan (4) Nurul Hasanah. Keempatnya merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester V.

Apa kesan mereka terkait program yang sudah mereka ikuti? Yuk simak wawancara ekskliusif Tim UnuhaNews dengan ke empat mahasiswi hebat ini.

Endang, Nida, Dwi, Nurul memamerkan produk hasil kreasi mereka

UN: “Assalamu’alaikum, Gimana kabar semuanya?”
All: “Wa’alaikumsalam. Alhamdulillah, kabar kami sehat semua. Pokoknya terus semangat 45 min mengikuti program-program wirausaha kampus di Poltek Negeri Jember”.

UN: “Lancar ya semua aktivitas di sana?”
All: “Alhamdulillah lancar dan menyenangkan”

Mengikuti kegiatan bazar di Jember

UN: Eh kalian kan udah hampir 6 bulan mengikuti Program WMK ini, gimana perasaan kalian waktu itu bisa lolos mengikuti Program Wirausaha Merdeka Kampus ini?
DA: “Saya sangat senang bisa lolos dalam program wirausaha merdeka karena saya ingin mendapatkan pengalaman yang tidak saya dapatkan di dalam kampus.”
FN: “Happy, dan semoga setelah mengikuti program wirausaha merdeka ini ada kontribusi pada lingkungan sekitar saya dan orang-orang terdekat saya.”
NH: “Perasaan saya cukup senang dan bangga terhadap diri sendiri karena mendapat kesempatan untuk belajar hal baru di kota orang.”
EK: “Perasaan saya bisa lolos mengikuti program ini sangat senang, karena bisa belajar tentang wirausaha”

UN: “Apa sih motivasi kalian mengikuti Program WMK?”
FN: “Kalau aku ingin menjadi pengusaha diusia muda, makanya ikut program ini supaya bisa menambah wawasan.”
EK: “Dengan mengikuti program ini saya termotivasi dari seseorang yang usianya muda, memiliki usaha, dan usahanya suskse. Saya harap dengan mengikuti program ini saya jadi bisa mengembangkan ide-ide bisnis saya untuk kemudian saya realisasikan”
NH: “Motivasi saya adalah saya ingin belajar hal baru terutama mengenai wirausaha karena bisa menjadi bekal saya kelak saat kita sudah lulus kuliah.”
DA: “Motivasi saya mengikuti program wirausaha merdeka ini adalah melalui kegiatan Wirausaha Merdeka, saya akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan saya, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha saya dan peningkatan kemampuan daya kerja.”

Mengikuti kegiatan bazar di Jember

UN: “Gimana nih, apa aja sih aktivitasnya di sana?”
EK: “Aktivitas kami disini cukup banyak, diawal kegiatan disibukkan dengan EDC atau Enterpreneur Development Class yang dilaksanakan selama satu minggu ditambah dengan kegiatan outbond. Outbond ini untuk kegiatan penutup setelah ada kelas selama 6 hari (EDC) setelah itu kami survey tempat magang, kemudian kami mulai magang tanggal 14 september – 5 november, disini kami magang dibidang kuliner. Jadi setiap mahasiswa memiliki produk masing-masing yang sudah mendapatkan perizinan. Setelah kegiatan magang disini dilanjut dengan kegiatan bootcamp yang dilakukan sampai sekarang.”
FN: “Nambahin min, kebetulan kami semua yang dari UNUHA mengambil bidang kuliner, ditempat kegiatan magang kami di PT. Inees Queens Efloresen dan kami dibimbing bagaimana memulai menjadi pengusaha muda. Kami diajari untuk pembuatan perizinan usaha (NIB, PIRT, HALAL). Kemudian kami juga ditekankan harus mempunyai produk minimal 2 produk per individu tentunya menggunakan brand masing-masing dan juga perizinan yang lengkap. Tidak hanya produksi saja yang kami pelajari, kami juga belajar untuk memasarkannya, yang mana kita selalu mengikuti bazar-bazar di Jember. Penyuluhan merk dan pengurusan sertifikat halal pun kami pelajari. Dua bulan pertama di tempat magang banyak sekali pengalaman baru yang kami dapatkan. Teruama di PT. Inees Queens Efloresen.”
NH: “Banyak mitra usaha yang dipersiapkan dan kami memilih tempat mitra usaha kuliner di PT. Inees Queens Efloresen selama 2 bulan. Anggota kami berjumlah 14 orang mahasiswa dari berbagi perguruan tinggi di Indonesia. Di sini kami diajarkan membuat produk sendiri dan membuat NIB (Nomor Induk Berusaha), P-IRT, dan membuat sertifikat halal produk.”
DA: “Informasi juga bahwa selain berproduksi kami juga melakukan bazar setiap hari Minggu di alun-alun Jember. Setelah kegiatan magang selesai ada kegiatan boothcamp dan inkubasi bisnis selama seminggu setelah itu ada pergelaran produk dan terakhir ada uji kompetensi”

Mengikuti rangkaian kegiatan dalam WMK

UN: Bagaimana kesanmu dapat kawan-kawan baru yang berasal dari berbagai kampus seluruh Indonesia?
NH: “Kesan aku ketika dapat teman-teman baru sangat senang ya, mereka sangat baik dan wellcome seperti sudah menjadi teman lama.”
EK: “Senang sudah pasti, dan dapat mengenal banyak teman dari berbagai provinsi.”
FN: “Masing-masing dari kami mempunyai kesan tersendiri dalam kegiatan WMK ini. Semua peserta menciptakan rasa kekeluargaan dan saling menjaga satu sama lain, mempunyai skill comunication yang baik dan saling menghargai satu sama lain tidak ketinggalan selera humor yang cukup bagus.”
DA: “Saya sangat senang bisa mengikuti program ini karena saya mendapatkan banyak teman-teman baru dari beberapa kota dan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat.”

UN: “Apa pesanmu buat kawan-kawanmu di kampus?”
DA: “Pesan buat temen-temen di UNUHA tetap semangat dan semoga sukses selalu.”
NH: “Untuk teman-teman di UNUHA semangat untuk kuliahnya dan selagi diberi kesempatan ayok manfaatkan waktu mencoba dan belajar hal baruūüôā”
EK: “Semangat temen-temen semuanya, khususnya kelas PBI 5C”
FN: “Diera milenial semua harus mempunyai cara masing membawa perkembangan baik di eranya. Pergerakan pasti membuahkan berkah, setiap langkah ada pelajarannya masing-masing. Kita harus menjadi pribadi yang mandiri. Untuk teman-teman berwirausaha di usia muda itu seru lo.. ayo buruan kembangkan skill wirausahawan mu, terkhusus Prodi Pendidikan Ekonomi”

Mengikuti rangkaian kegiatan dalam WMK

UN: “Oke terimaksih kawan-kawan ya, telah meluangkan waktu untuk diwawancarai oleh kami Tim UnuhaNews. Terakhir adakah yang ingin disampaikan?”
DA: “Saya sangat berterima kasih kepada UNUHA karena sudah mendukung kami mengikuti program ini.”
NH: “Untuk UNUHA seluruh sivitas akademika serta dosen-dosen yang telah mengizinkan kami mengikuti program ini kami mengucapkan banyak terimakasih terutama dosen kaprodi dan dosen pembimbing akademik terimakasih telah memberikan kesempatan kami mengikuti program ini.”
EK: “Terimakasih karena bisa mengkonversi SKS dan mengizinkan saya berangkat ke Poltek Negeri Jember ini untuk mengikuti Program Wirausaha Merdeka Kampus”
FN: “Terimakasih atas bimbingan, arahan dan rasa peduli terhadap kami mahasiswa yang sangat perlu bimbingan dari para dosen.”

UN: “Terimakasih ya semua, sukses selalu buat kalian semua. Assalamu’alaikum”
All: “Wa’alaikumsalam,” (Tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *