media apembalajarn

PENDAMPINGAN PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DAN WORDWALL UNTUK GURU SD NEGERI TANAH MERAH

Dalam kegiatan kampus Mengajar angkatan 7 Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Siti Afifah dan Mahasiswa dalam melaksankan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pendampingan pembuatan media berbasis Digital Teknologi berupa canva dan wordwall di SD Negeri Tanah Merah desa Tanah Merah Kecamatan Belitang Madang Raya (Selasa, 21 mei 2024).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu program Pengabdian Kepada Masyarakat DPL dan mahasiswa kampus mengajar. Pendampingan dilakukan berdasarkan observasi di sekolahan pada jumat, 01 maret 2024.

Dari hasi observasi kami menemukan kurangnya guru dalam mengoprasikan penggunaan teknologi dalam pemanfaatan Pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh Ibu Nuriyah, S.Pd.SD  selaku kepala sekolah SD Negeri Tanah Merah.

Berdasarkan observasi dari masalah tersebut maka Dosen Pembimbing Lapangan dan  mahasiswa kampus mengajar merancang program pendampingan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam waktu 1 hari.

Materi pertama membahas tentang penggunaan platfoam Merdeka Mengajar (PMM) dan Manfaatnya yang disampaikan oleh Ibu Siti Afifah dan Umi Syarofah.

Dilanjutkan dengan materi kedua tentang penggunakan canva serta pemanfaatannya yang disampaikan oleh Ramadhan Nofriyadi. Selanjutnya materi ketiga tentang penggunaan wordwall serta pemanfaatannya yang disampaikan oleh Umi Halimah.

Ibu Siti Afifah, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberikan inovasi baru dan membantu memudahkan para guru khususnya guru di SD Negeri Tanah Merah.

Khususnya kata Afifah, dalam mencari rujukan untuk Modul Ajar, pembuatan media pembelajaran berbasis canva dan wordwall yang dapat diterapakan oleh para guru dalam proses pembelajaran sehingga menarik minat belajar dan mendongkrak hasil belajar peserta didik.*

Nurul Huda Media Center
Nurul Huda Media Center
Articles: 20

Eksplorasi konten lain dari Universitas Nurul Huda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca