Belajar Pembuatan Pupuk Granul, Mahasiswa Prodi PGMI UNUHA Kunjungan Kewirausahaan di CV Anteng Jaya Gemilang

NHMC – Guna memberikan pemahaman sekaligus pengetahuan baru di bidang kewirausahaan, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nurul Huda (UNUHA) Sukaraja melaksanakan Kunjungan Kewirausahaan Rabu 19 Juni 2024.

Kegiatan yang didampingi langsung oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Kewirausahaan dan Ecothektopreneurship ini disambut hangat Pemilik CV Anteng Jaya Gemilang di Desa Aman Jaya, Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur.

“CV Anteng Jaya Gemilang ini bergerak dalam bidang usaha pembuatan pupuk granul dari kohe sapi,” ungkap Anteng Sugiarti, S.Pd pemilik usaha sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Kunjungan Kewirausahaan.

Selain menggeluti usaha pembuatan pupuk granul, Anteng juga membuka usaha kuliner.

“Dalam usaha itu terpenting adalah niat, semangat dan etos kerja yang didukung oleh sikap displin. Insyaallah usaha akan berjalan dengan baik,” ujar Anteng.

Anteng yang juga alumni UNUHA 2014 (Masih STKIP,red) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini hingga kini terus menekuni usaha yang dirintisnya.

“Alhamdulillah berkah, dan perkembangan usaha selama menunjukan trend positif,” terangnya.

Dalam Kunjungan Kewirausahaan tersbeut, Anteng secara detail menerangkan tahapan-tahapan cara membuat pupuk granul. Mahasiswa pun antusias mengikutinya.

Pada kesempatan itu, Anteng tidak lupa memberi motovasi kepada mahasiswa seputar dunia usaha. “Mulai usaha itu kuncinya adalah focus, komitmen, disiplin dan berdoa,” imbuhnya.

Salah seorang mahasiswa, Bagus mengaku senang dengan Kunjungan Kewirausahaan ini. “Alhamdulillah dapat inspirasi dalam membuka usaha,” terangnya.

Kegiatan ini lanjut Bagus, merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan disepakati, yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 dan 6.

“Sebelumnya kelas kelas kami ingin mengadakan kunjungan kewirausahaan, dan hari ini bisa terealisasi didampingi dosen pengampu Dr. Supangat, S.Pd.I, M.Pd.I,” paparnya.

Sementara Supangat selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Kewirausahaan dan Ecothektopreneurship, berharap kegiatan Kunjungan Kewirausahaan ini menjadi inspirasi dan motovasi mahasiswa.

“Setelah mendapatkan penegtahuan baru, maka akan muncul sinspirasi dan motivasi tentang dunia usaha. Artinya, mata kuliah ini tidah hanya teori melainkan terjun langsung ke lapangan,” terang Supangat.

Supangat menambahkan, mahasiswa diharapkan memiliki jiwa wirausaha.

“Walaupun sedang kuliah, tentunya tidak membatasi untuk berwirasaha, nantinya dapat membantu biaya kuliah,” pungkas Supangat. (NHMC)

Nurul Huda Media Center
Nurul Huda Media Center
Articles: 20

Eksplorasi konten lain dari Universitas Nurul Huda

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca